Friday, February 6, 2009

Apa sih Linux itu ?

Halo semuanya ...pada postingan kali ini saya mau membahas tentang LINUX. Apa sih Linux itu?,Linux adalah sistem operasi atau yang lebih kerennya disebut Operating System yang bersifat Open Source,artinya Linux bebas didistribusikan dan dikembangkan oleh siapa saja dan dimana saja.

Kernel Linux pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991, kemudian kernel linux tersebut menggunakan utility dan library sistem operasi GNU yang telah dikembangkan sejak tahun 1983 oleh Richard Stallman. Dan untuk seterusnya Linux diberi nama GNU/Linux yang berarti bahwa Linux dikembangkan menggunakan lisensi publik GNU.
Dalam pengoperasian Linux ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui yaitu membuat user account baru yang biasanya dapat dibuat pada saat pertama instalasi Linux, jadi tidak menggunakan account root. Kenapa seperti itu..? karena jika kita langsung menggunakan akses root dikhawatirkan nanti ada file-file penting yang berada didalam direktori root tidak sengaja terhapus oleh kita, kalau sampai terjadi seperti itu...wah bisa repot urusannya...gile
Jika kita memerlukan akses root, kita bisa menggunakan perintah su diterminal atau kalau di Linux Ubuntu dikenal dengan sudo.
Cukup sekian dulu ya untuk hari ini ,mau istirahat dulu. Besok akan saya lanjutkan lagi.babai

0 comments:

Post a Comment